Detail Berita

Webinar Kemdikbud Kenalkan Ragam Kegiatan Belajar saat PJJ

HUMAS - Pada webinar "Low-tech, High Impact: Memaksimalkan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh'", Kamis (22/10/2020), Eka Puspita Sari yang berasal dari Zenius Education membawakan materi tentang Ragam Kegiatan Belajar saat Pembelajaran Jarak Jauh. Eka Puspita Sari mengungkapkan tentang Diagram Metode Pengajaran berdasarkan Pedagogi dan Teknologi. Diagram ini bisa dijadikan referensi untuk mengarahkan para guru dalam pembelajaran.


Sumbu X: Fokus Pembelajaran
Sumbu Y: Teknologi


High-Tech, Student-Centered


Ini adalah pembelajaran abad-21, pembelajaran Revolusi Industri 4.0, dengan teknologi yang digunakan tinggi dan berfokus kepada siswa. Metode yang bisa digunakan adalah team-base learning,
game-based learning, inquiry-based learning, dan personalized learning.


High-Tech, Teacher-Centered


Teknologi yang digunakan tinggi tetapi fokusnya adalah guru. yang dilakukan adalah memberikan instruksi secara terus menerus, menjaga siswa apakah siswa mengerjakan tugas atau tidak.
Tentunya hal yang diinginkan adalah pembelajaran yang berfokus kepada siswa. Guru di sini bukan lagi sebagai sumber pembelajaran atau pemberi materi, tetapi salah satu fungsinya sebagai fasilitator.

 

Low-Tech, Teacher-Centered


Kuadran ini masih berfokus kepada guru tetapi teknologi yang digunakan sedikit. Ini masih sangat tradisional, mungkin sekarang masih ada yang menggunakan pendekatan yang berfokus kepada
guru dan tidak banyak menggunakan teknologi. Tetapi tentunya guru ingin menciptakan siswa yang indepen mampu belajar sendiri.


Low-Tech, Student-Centered


Kuadran ini berfokus kepada siswa namun belum banyak menggunakan teknologi. Metode yang cocok digunakan adalah expeditationary learning, differentiated instruction, contextual learning, dan
discovery learning.

 

 

Berita Lain