TUGAS POKOK DAN FUNGSI |
|
Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mempunyai tugas; |
|
a. |
melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pendidikan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan; dan |
b. |
melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya |
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mempunyai fungsi; |
|
a. |
pengumpulan, pengelolaan dan pengendalian data yang berbentuk database serta analisis data untuk penyusunan program dan kegiatan bidang pendidikan; |
b. |
penyusunan rencana strategis pada Dinas; |
c. |
perumusan kebijakan teknis bidang pendidikan; |
d. |
penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang pendidikan; |
e. |
pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang pendidikan; |
f. |
pelaksanaan, pengawasan, pengendalian serta evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan bidang pendidikan; |
g. |
pelaksanaan standar pelayanan minimal bidang pendidikan; |
h. |
penyelenggaraan kesekretariatan Dinas; |
i. |
pembinaan UPT; |
j. |
pembinaan penyelenggaraan pendidikan Sekolah Dasar dan pendidikan Sekolah Menengah Pertama; |
k. |
pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
l. |
pembinaan tenaga teknis pendidikan; dan |
m. |
pengaturan dan pengawasan penyelenggaraan pendidikan, ketatalaksanaan, keuangan serta pembangunan sarana dan prasarananya. |
SEKRETARIAT |
|
Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, aset, perlengkapan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya. Untuk melaksanakan tugas tersebut Sekretariat mempunyai fungsi: |
|
a. |
Pengelolaan administrasi kepegawaian, pendidikan dan pelatihan pegawai, dan rencana penjenjangan; |
b. |
Pengelolaan administrasi keuangan dan aset; |
c. |
Pengelolaan urusan rumah tangga, kehumasan dan keprotokolan; |
d. |
Penyelenggaraan kegiatan surat-menyurat, pengetikan, penggandaan dan kearsipan; |
e. |
Pengelolaan administrasi perlengkapan, mengurus pemeliharaan, kebersihan dan keamanan kantor; |
f. |
Pengelolaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan |
BIDANG PAUD & DIKMAS |
|
Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat mempunyai tugas: |
|
a. |
melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; dan |
b. |
melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
|
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat mempunyai fungsi;
|
|
a. |
penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum, penilaian, sarana dan prasarana, kelembagaan, peserta didik dan pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
b. |
pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, kelembagaan, peserta didik dan pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
c. |
penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan local Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
d. |
penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan dan penutupan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
e. |
penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan, sarana dan parasana, peserta didik dan pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
f. |
penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah; |
g. |
pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
h. |
penyusunan laporan di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
i. |
penyusunan pedoman pelaksanaan desiminasi kurikulum dan kalender pendidikan; |
j. |
penyusunan usulan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; |
k. |
penyusunan usulan rehabilitasi dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat; dan |
l. |
pembinaan dan pengembangan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. |
BIDANG SEKOLAH DASAR |
|
Bidang Pendidikan Sekolah Dasar mempunyai tugas: |
|
a. |
melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam bidang kurikulum, pengelolaan sekolah, sarana dan prasarana serta pembinaan peserta didik jenjang Sekolah Dasar; dan |
b. |
melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
|
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Bidang Pendidikan Sekolah Dasar mempunyai fungsi; |
|
a. |
penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum, penilaian, sarana dan prasarana, kelembagaan, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Dasar |
b. |
pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, kelembagaan, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Dasar |
c. |
penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan local Sekolah Dasar |
d. |
penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan dan penutupan Pendidikan Sekolah Dasar |
e. |
penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan, sarana dan parasana, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Dasar |
f. |
penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah; |
g. |
pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Dasar |
h. |
penyusunan laporan di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Dasar |
i. |
penyusunan pedoman pelaksanaan desiminasi kurikulum dan kalender pendidikan; |
j. |
penyusunan usulan penyediaan sarana dan prasarana Sekolah Dasar |
k. |
penyusunan usulan rehabilitasi dan perbaikan sarana dan prasarana Sekolah Dasar |
l. |
pembinaan dan pengembangan peserta didik Pendidikan Sekolah Dasar |
BIDANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA |
|
Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama mempunyai tugas; |
|
a. |
melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam bidang kurikulum, pengelolaan sekolah, sarana dan prasarana serta pembinaan peserta didik jenjang Sekolah Menengah Pertama; dan |
b. |
melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya. |
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama mempunyai fungsi; |
|
a. |
penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum, penilaian, sarana dan prasarana, kelembagaan, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama |
b. |
pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, kelembagaan, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama |
c. |
penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal Sekolah Menengah Pertama |
d. |
penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan dan penutupan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
e. |
penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan, sarana dan parasana, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama |
f. |
penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah; |
g. |
pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama |
h. |
penyusunan laporan di bidang kurikulum, penilaian, kelembagaan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama |
i. |
penyusunan pedoman pelaksanaan desiminasi kurikulum dan kalender pendidikan; |
j. |
penyusunan usulan penyediaan sarana dan prasarana Sekolah Menengah Pertama |
k. |
penyusunan usulan rehabilitasi dan perbaikan sarana dan prasarana Sekolah Menengah Pertama |
l. |
pembinaan dan pengembangan peserta didik Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
BIDANG TENAGA TEKNIS PENDIDIKAN |
|
Bidang Tenaga Teknis Pendidikan mempunyai tugas: |
|
a. |
melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam membina karier pendidik, peningkatan mutu pendidik, koordinasi perlindungan hukum tenaga pendidik dan kependidikanserta mengoordinasikan penyelenggaraan seminar, pelatihan, penataran dan sejenisnya; dan |
b. |
melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya. |
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Bidang Tenaga Teknis Pendidikan mempunyai fungsi |
|
a. |
penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan; |
b. |
penyusunan bahan kebijakan di bidang pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan; |
c. |
penyusunan bahan rencana kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan; |
d. |
penyusunan bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan; |
e. |
penyusunan bahan rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan; |
f. |
penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan; |
g. |
penyusunan laporan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga pendidikan; |
h. |
pendataan, evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan menurut jenis dan jenjang pendidikan; |
i. |
pelaksanaan analisa kebutuhan, penempatan dan pemerataan pendidik dan tenaga kependidikan; |
j. |
penetapan bahan kebijakan teknis peningkatan mutu dan karier pendidik dan tenaga kependidikan; |
k. |
penyusunan dan perencanaan pembinaan karier pendidik dan tenaga kependidikan; |
l. |
pelaksanaan penilaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan penetapan angka kredit jabatan fungsional; |
m. |
pelaksanaan program pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan; |
n. |
pelaksanaan uji kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan; |
o. |
pelaksanaan sosialisasi, penyebarluasan pedoman, penghargaan, perlindungan hukum dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan; dan |
p. |
pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program pembinaan karier dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. |