Logo

Kemah Guru PAUD, Dinas Pendidikan Meminta Guru PAUD Memperkuat Karakter Positif dan Menuntaskan Stunting

 

HUMAS - Dinas Pendidikan menggelar Kemah Penguatan Pendidikan Karakter bagi guru PAUD se Kabupaten Malang di Bumi Perkemahan Wanawisata Coban Rondo (17-18/9). Kegiatan kemah dibuka langsung oleh Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Drs. Ahmad Wahid Arief MM. Turut hadir dalam acara ini Divisi Infanteri II/Kostrad, Ketua Kwarcab Kabupaten Malang,Muspika Kecamatan Pujon,serta Korwilcam, Penilik dan Pengawas se Kabupaten Malang. 

Sedangkan narasumber yang dihadirkan di acara ini adalah dari TNI Angkatan Darat, Kwarcab, Kementerian Agama, Dinas Kesehatan serta Dinas Sosial.

"Kegiatan ini diadakan karena penguatan pendidikan karakter merupakan pondasi yang sangat penting bagi terbentuknya pribadi yang tangguh, unggul, cerdas dan berakhlatul kharimah. Dan ini harus dimulai dari anak-anak usia dini,"ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Ibu Izzah.

Diterangkannya, kegiatan ini dimaksudkan agar  memberikan penguatan kepada Pendidik PAUD tentang pendidikan karakter. Selain itu,  mendukung peningkatan program-program pendidikan anak PAUD khususnya pendidikan karakter. 

" Juga untuk Memberikan pedoman  bagi pendidik PAUD dalam menerapkan pendidikan karakter bagi anak usia dini. Selain itu mendukung pemerintah pusat dalam menanggulangi stunting,"ujarnya.

Dijelaskannya, peserta terdiri dari guru PAUD se Kabupaten Malang berjumlah 1343, panitia 30 orang, narasumber 39 orang, dan pendamping 39 orang. Jumlah totalnya 1448 orang.

Sementara itu Bapak Wahid  sangat mengapresiasi atas keterlibatan semua pihak sehingga acara ini bisa berjalan sukses. Dijelaskannya, sebagai guru sudah diwajibkan memiliki empat kompetensi dasar, yakni pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional. Terkait kegiatan ini,katanya, sangat berkaitan erat dengan kompetensi kepribadian (karakter).

"Karakter sebenarnya sudah terbawa dari lahir. Namun perlu penguatan-penguatan agar karakter yang ada di diri seseorang senantiasa positif.Jadi guru disini selain memiliki empat kompetensi guru, juga harus memiliki karakter yang positif. Ini agar kalian bisa digugu dan ditiru oleh yang lainnya,"ungkapnya.

Selain itu, beliau menjelaskan, stunting adalah isu nasional yang harus dibantu penuntasannya. Menurutnya hal ini tidak hanya berdampak pada fisik cebol anak, tetapi juga penurunan kecerdasan si anak yang pada akhirnya menurunkan pendapatan.

"Saya berharap guru PAUD bisa memberikan pemahaman dan pengajaran cara mencegah stunting karena kalian sangat dekat dengan ibu walimurid dalam hal parenting,"ujarnya. (sus)

Berita
Kadisdik Bapak Rahmat Sebut Dua Skala Prioritasnya adalah Pendidikan Karakter dan kawasan Ekonomi Khusus

HUMAS - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Dr. Rachmat Hardijono, S. Sos.M.Si menjelaskan ada dua skala prioritas yang akan menjadi fokusnya ...

Berita
1259 Siswa SMP Mengikuti Lomba Melukis Payung

  HUMAS - Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menggelar Lomba melukis payung dan gebyar seni di Halaman Luar Dinas Stadion Kanju ...

Berita
Suwandi Meminta Guru Harus Menyesuaikan Perkembangan Jaman

  HUMAS - Sebanyak 59 guru ASN/PNS di Kabupaten Malang yang sebel ...