Logo

Focus Group Discussion Hasilkan Tiga Poin Penting

 

HUMAS - Kasubag Perencanaan dan Evaluasi Program (Renvapor) Bapak Cecep Lili menyimpulkan ada tiga poin hasil dari diskusi ini yang kedepannya akan dijadikan acuan dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan. Ketiga poin tersebut adalah tata kelola kelembagaan harus kuat. Artinya, dalam pembentukan komite sekolah harus betul-betul berpedoman pada Permendikbud nomor 75 tahun 2016 dan perda pendidikan.

"Yang kedua, proses penggalangan dana harus lebih transparan, maksudnya komite harus membentuk proposal, harus memiliki bendahara komite, dan harus ada notulen dan surat pernyataan bermaterai saat rapat,"tegasnya.


Yang ketiga, lanjutnya, komite sekolah  harus melakukan monitoring evaluasi (monev) seperti menyediakan pelaporan secara online tentang proses penggalangan dana dan penggunaanya.

"Selain itu, komite harus memiliki SPJ dan pajak. Aset-aset bantuan dan sumbangan wajib dilaporkan ke Pengelolaan Barang Milik Daerah ( BMD) melalui Dinas Pendidikan,"tegas Bapak Cecep.

Dilanjutkannya, Komite Sekolah wajib memastikan tidak ada 'double accounting' atau perhitungan ganda dari barang inventaris. 

"Misalnya, kursi berjumlah satu, tapi ditulis dan dilaporkan dua. Ini tidak boleh. Dan satu hal lagi, komite harus membuat SOP (Standard of Procedure) mengenai pembentukan komite sekolah, penggalangan dana ,dan proses monev,"pungkasnya mengakhiri.(sus)

Berita
Tanamkan Budaya Anti Korupsi, Disdik Gelar Bimtek Budaya Anti Korupsi

  HUMAS - Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menggelar Bimbingan Teknis Implementasi dan Pendidikan Kar ...

Berita
Kekurangan 250 Kepala SD, Dindik Kabupaten Malang Diklat Calon Kasek

  HUMAS - Dinas Pendidikan Kabupaten Malang kembali menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat ...

Berita
IGTKI Menggelar Berbagai Lomba di Hari Anak Nasional

  Humas - Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Persatuan Guru Republik I ...