Detail Berita

Upaya Meminimalisir Kesalahan Peng-entryan Data pada Dapodik melalui Bimtek Sertifikasi Guru serta Program Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahun 2020

HUMAS - Sebagai Tenaga Profesional, Guru diharapkan dapat meningkatkan martabat dan perannya sebagai agen pembelajaran. Tunjangan profesi guru sebagai upaya peningkatan mutu
guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Kabupaten Malang secara berkelanjutan, serta program profesi guru. Pada tahun 2014 Kemendikbud mengeluarkan produk Aplikasi Sim Tunjangan (SIM Tun) sebagai sarana Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota untuk mengajukan Surat Keputusan Tunjangan Profesi ( SKTP ) bagi Guru Penerima Tunjangan Profesi Guru.

Pengambilan data SIM Tun didasarkan pada Data Pokok Pendidikan (DAPODIK ) tetapi pada kenyataannya masih banyak permasalahan teknis pada entry data Dapodik. sehingga mengakibatkan data guru tidak memenuhi syarat untuk diusulkan SKTP nya. Untuk itu baik guru yang sudah lulus pretest PPG maupun yang belum pernah mengikuti pretest PPG Dalam jabatan diperlukan ketelitian dan mengetahui detail cara entry yang benar diaplikasi DAPODIK untuk bisa menghasilkan data Valid, sehingga tidak ada kendala untuk pengusulan SKTP Guru, dan juga tercapainya Program Profesi Guru Dalam Jabatan. Salah satu usaha yang  dilakukan adalah dengan diadakannya Bimtek Tunjangan Profesi Guru dalam tahun 2020. 

Bahwa tujuan Bimtek Tunjangan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2020 adalah 1. Meminimalisir kesalahan Peng-entryan Data pada DAPODIK sehingga dapat meminimalisir Data tidak valid pada Aplikasi SIMTUN 2. Tersosilisasinya Program Profesi Guru 3. Terakomodasinya Guru yang belum terpanggil sebagai peserta PPG Dalam Jabatan 4. Tersosialisanya Aplikasi SIMTUN sebagai sarana bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang untuk mengajukan SKTP Guru Penerima Tunjungan Profesi Tahun 2020.

Pelaksanaan Kegiatan BIMTEK Tunjangan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2020 dilaksanakan pada Hari Rabu  16 September 2020 bertempat di Aula Hotel Mirabell Kepanjen.  Peserta kegiatan ini adalah  Guru PNS dan Non PNS yang Lulus Pre-Test PPG belum terpanggil atau Guru yang belum pernah Pre-test PPG sebanyak 125 Orang.
 

Berita Lain