Detail Berita

Wujudkan Generasi Emas 2045, Dinas Pendidikan Berfokus pada Pendidikan Anak Usia Dini

KEPANJEN - Indonesia diperkirakan mencapai masa keemasan pada tahun 2045 tepat saat Indonesia genap berusia 100 tahun. Untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas pada era tersebut, Pemerintah kini mulai mempersiapkan generasi emas sejak dini melalui pendidikan anak usia dini.

"Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah mempersiapkan generasi emas pada tahun 2045 sejak dini dengan cara menciptakan Lingkungan Belajar PAUD yang berkualitas. Jadi, diharapkan nantinya generasi emas ini memiliki SDM yang unggul dan sehat,"ujar Kabid PAUD dan Dikmas , Cecep Lili dihadapan 33 ketua PKG se Kabupaten Malang Kamis (12/09) bertempat di Hotel YNO Kepanjen.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Dr.Suwandi,S.Pd,M.Si menjelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menuju lingkungan belajar PAUD yang berkualitas. Pertama, lingkungan belajar harus benar-benar diciptakan.

"Kondisi tempat belajar harus aman dan nyaman, alat peraga harus sesuai tema, pembelajaran berpusat pada siswa serta adanya keterlibatan orang tua dan masyarakat,"terangnya.

Ditambahkan, hal kedua adalah pengelola pembelajaran harus berkualitas. Artinya, guru harus bisa menetapkan target pembelajaran sesuai tema yang diajarkan. "Misalnya, guru TK harus bisa mendesain kelas agar pembelajaran menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan ini sangat cocok sekali dengan psikologis murid PAUD,"tambahnya.

Berita Lain