Detail Berita

Seleksi Tahap Dua Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Digelar Secara Virtual

Kepanjen - Sebagai penghargaan pemerintah dalam mengapresiasi guru dan kepala sekolah di Kab. Malang yang berdedikasi tinggi dalam dunia pendidikan, Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi(Kemendikbudristek) melalui Dinas Pendidikan Kab. Malang mengadakan Seleksi Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi tahun 2021 secara virtual Rabu(08/09).

Sebagai tahapan seleksi kedua, hari ini Dinas Pendidikan menggelar seleksi postes atau tes tulis secara virtual. Sebelumnya, Dinas Pendidikan menggelar tes portofolio, yakni seleksi administrasi yang meliputi Penilaian Kinerja Guru(PKG), sertifikat pelatihan, ijasah masa kerja.

Menurut Pengawas SMP Djoko Agus Riyanto materi postes meliputi Kompetensi Guru dan Kompetensi Kepala Sekolah. Jumlah soal terdiri dari 50 butir soal dengan waktu penyelesaian 120 menit.

"Kompetensi Guru meliputi pedagogik, kepribadian, sosial,dan profesional. Sedangkan kompetensi sekolah meliputi kompetensi kepribadian,manajerial,kewirausahaan,supervisi,dan sosial,"ujarnya.

Ditambahkan, seleksi tes tulis ini akan diakumulasikan dengan nilai portofolio untuk menjaring enam besar peserta, yang selanjutnya akan maju ke seleksi Presentasi Penelitihan Tindakan Kelas(PTK) yang rencananya akan digelar kamis(09/09) di Kantor Dinas Pendidikan.

Sementara itu Kasi Tenaga Teknis Bidang SMP Dinas Pendidikan Syamsul Arifin SH menjelaskan peserta terdiri dari guru TK, Guru SD, Guru SMP serta Kepala Sekolah SD dan SMP dengan jumlah total 198 peserta. Sedangkan tim dewan juri terdiri dari pengawas TK, SD dan SMP.

Berita Lain