Detail Berita

Penerapan Kurikulum Paradigma Baru di SDN 1 Tirtomoyo Pakis

Siswa-siswi SDN 1 Tirtomoyo Kecamatan Pakis melaksanakan identifikasi bentuk daun dan memanfaatkan bahan alam menjadi sebuah Batik Ecoprint sebagai bentuk pelestarian alam dan budaya. Kegiatan ini merupakan wujud dari penerapan Kurikulum Paradigma Baru Pembelajaran IPAS.

Dikutip dari LPMP Bengkulu, Mulai tahun pelajaran 2021-2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah meluncurkan Kurikulum Paradigma Baru sebagai penyempurnaan dari KTSP 2013. Kurikulum Paradigma Baru diberlakukan secara terbatas dan bertahap melalui program sekolah penggerak. Pada akhirnya akan diterapkan pada setiap satuan pendidikan yang ada di Indonesia.

Salah satu perubahan yang terjadi pada kurikulum paradigma baru terdapat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial pada sekolah dasar tingkat tinggi (IV,V,VI). Kalau selama ini masing-masing pelajaran ini diajarkan terpisah di kelas tinggi, dalam kurikulum paradigma baru ini, kedua mata pelajaran ini diajarkan secara bersamaan dengan nama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).

Berita Lain