Detail Berita

Kostum Daur Ulang Warnai Hari Pahlawan di SD Negeri 2 Ardirejo Kepanjen

Hari Pahlawan merupakan hari bersejarah yang mana dulunya pada tanggal 10 November, pertempuran antara Pejuang Surabaya dan Tentara Inggris terjadi di Kota Surabaya. Sejumlah 6000 pejuang Indonesia tewas demi meraih kemerdekaan Republik Indonesia. 

Melalui peringatan Hari Pahlawan ini hendaknya kita mengisi kemerdekaan dengan meneladani sikap dan sifat pejuang dahulu diantaranya rela berkorban, berjuang , memiliki semangat nasionalisme. Berkorban waktu, biaya, dan tenaga untuk meraih kesuksesan. Berjuang artinya belajar sungguh-sungguh untuk memerangi kebodohan serta bekerja keras untuk masa depan lebih baik. Hal lain yang harus diteladani dari sikap pahlawan kita adalah rasa persatuan, hendaknya kita bersatu untuk menjaga NKRI ini dari ancaman-ancaman pihak luar.

Untuk mengenang, menghargai, menghormati, serta meneladani pahlawan kita yang telah gugur di medan perang sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini "Pahlawanku Teladanku", SD Negeri 2 Ardirejo Kepanjen melaksanakan upacara bendera yang dirangkai dengan kegiatan pawai , serta lonba fashion show. Ada yang menarik dalam rangkaian kegiatan SD Negeri 2 Ardirejo ini, karena guru mengajak siswa menggunakan bahan-bahan kertas, kardus, dan karung goni untuk membuat kostum yang mereka gunakan dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

"Kami mengajak anak-anak untuk berkreativitas menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar. Hal ini sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila yang mana salah satu dimensinya adalah kreatifitas,"ujar Kepala Sekolah SD Negeri 2 Ardirejo Kepanjen.

Profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

Berita Lain