Detail Berita

Kadisdik: Penguatan Mulok Bahasa Daerah di Sekolah sebagai Bentuk Pelestarian Budaya

Pemkab Malang - Budaya harus diperkenalkan, dipelajari, dan dijadikan pembiasaan sehingga seseorang akan memiliki rasa bangga dan cinta terhadap budaya asal. Demikian penuturan Kabid SMP Koko Subagijo saat membuka Workshop Pengenalan Kurikulum Bahasa Daerah bagi SMP Negeri dan Swasta di Bess Resort and Convention Lawang Kamis (25/11). "Perkenalan bahasa dan budaya daerah harus dipraktekan dari keluarga dan diperkuat melalui proses pembelajaran di sekolah,"ujarnya di hadapan 180 Guru Bahasa Daerah SMP Negeri dan Swasta Se Kabupaten Malang.

                                                                                        

Kepala Bidang SMP Koko Subagijo memberikan sambutan saat acara berlangsung                                                                                          

Dijelaskan, dibutuhkan strategi yang tepat untuk menumbuhkan minat siswa terhadap pelajaran bahasa daerah sebagai muatan lokal di sekolah. Beliau mengatakan Perencanaan Pembelajaran (RPP) yang baik perlu dipersiapkan guru sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas. "Kreatifitas guru sangat dibutuhkan disini. Guru bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama siswa semisal menyanyikan lagu daerah, membaca cerita dalam bahasa daerah, membuat permainan khas daerah atau mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari,"terangnya.

 

            

Kabid SMP Koko Subagijo beserta Bapak dan Ibu Kasi Bidang SMP berfoto bersama peserta workshop                                                                          

Pengawas SMP Parkiyo menambahkan pembelajaran yang menarik juga bisa dilakukan melalui teknologi. Guru bisa memanfaatkan televisi atau youtube sebagai sumber belajar dengan menampilkan lagu daerah, kesenian, atau drama dalam bahasa daerah. Dengan demikian diharapkan siswa bisa memperkuat wawasan pengenalan budaya daerah dan budaya asal yang dimiliki. "Penguatan mulok bahasa daerah di sekolah sebagai bentuk pelestarian budaya,"jelasnya.

Kasi Kurikulum Bidang SMP Nurul Sri Utami, S.Pd,M.M berfoto bersama guru Bahasa Jawa   dengan menggunakan Pakaian Adat Jawa 

Berita Lain