Detail Berita

Hari Ozon Internasional, SD Negeri 1 Tamansatriyan Tirtoyudo Ajak Siswa Tanam Tumbuhan

Lapisan Ozon merupakan perisai gas yang menyelubungi bumi yang berfungsi untuk melindungi bumi dari bahaya sinar matahari. Lapisan ozon yang rusak akan menyebabkan peningkatan radiasi sinar matahari (UV-B) yang berdampak pada makhluk hidup di muka bumi. Pada manusia, paparan sinar UV-B dapat menyebabkan katarak dan menurunnya kekebalan sel-sel kulit yang dapat berujung pada kanker kulit. Hal ini dapat juga terjadi pada hewan.

Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah kerusakan lapisan ozon, seperti menghentikan penggunaan BPO (Bahan Perusak Lapisan Ozon), mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, menghindari penggunaan pestisida, menghemat pemakaian listrik, serta yang paling sederhana adalah menanam tanaman sebagai pendingin alami.

Sebagai upaya pencegahan penipisan lapisan ozon, SD Negeri 1 Tamansatriyan mengajak siswa menanam tumbuhan di Halaman Sekolah. Kegiatan ini juga melibatkan orang tua siswa dalam penyediaan bibit tanaman yang akan ditanam. Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Seperti spons/busa, pohon menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Berita Lain