Detail Berita

Sekda Bapak Didik Meminta Anak Dididik dengan Kasih Sayang Bukan dengan Kekerasan


HUMAS - Anak harus dididik dengan kasih sayang bukan dengan kekerasan. Dalam mendidik anak harus menggunakan metode dan teknik yang baik, penuh perhatian , dan kasih sayang karena anak-anak inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Demikian pesan yang disampaikan oleh Plt Bupati Malang Dr H Sanusi melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Malang  Ir.Didik Budi Muljono, MT di acara HUT Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia – Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Malang dan Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Stadion Kanjuruhan Rabu (21/08).

"Maka dari itu, saya nilai kegiatan ini merupakan salah satu sarana efektif untuk dijadikan wahana pendidikan dan kreatifitas. Karena kegiatan ini akan sangat membantu perkembangan minat, bakat, rasa kebersamaan antar sesama teman, berkepribadian mandiri dan mantap,"ujarnya dihadapan 20 ribu orang

Dia menambahkan, disamping itu kegiatan ini juga sebagai media entertain edukatif yang menyehatkan khususnya bagi guru dan siswa sekaligus merupakan bentuk upaya membiasakan hidup sehat sejak dini.

" Dan tak kalah pentingnya, kegiatan ini akan mendorong anak-anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya ditengan perkembangan teknologi yang mempengaruhi anak-anak menjadi pribadi individual karena pengaruh penggunaan gadget,"lanjutnya.

Sementara itu, sebagai pengelola pendidikan di Kab Malang, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sangat mengapresiasi sekali kegiatan rutin tahunan ini. Dengan kegiatan ini diharapkan tercipta sinergitas  bagi semua masyarakat yang tergabung IGTKI.

 " Ini benar-benar menunjukkan semangat kebersamaan dari mereka dan untuk mereka. Jadi kita sebagai pembina hanya memberi support karena segala sesuatunya sudak dikoordinir oleh IGTKI dan korwil-korwil juga mendukung,"ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Dr. M. Hidayat,MM.,M.Pd.

Untuk menerapkann pendidikan karakter baik untuk guru maupun siswa, Kadisdik Hidayat menyediakan  pendidikan karakter untuk guru PAUD  yang bertujuan menumbuhkan semangat  menerapkan pendidikan karakter untuk anak didik seperti karakter moral dan karakter kinerja. 

"Karakter moral adalah agamanya. Dan ini harus menghiasi peserta didik. Sedangkan Karakter kinerja adalah gotong royong, tepo seliro, toleransi, dan kedisiplinan.  Selain itu peserta didik juga wajib memiliki empat kompetensi dasar yakni berfikir kritis, komunikatif, kreatif, dan kolaboratif,"pungkasnya mengakhiri.(sus)

Berita Lain