Detail Berita

Sosialisasi BOS Reguler, Afirmasi, dan Kinerja Tahun 2020 Sesuai Permendikbud no.8 dan Permendikbud no.24

 

HUMAS - Dinas Pendidikan mengadakan Sosialisasi BOS Reguler, Kinerja dan Afirmasi di Aula Panji  Senin (13/07). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Permendikbud no 8 tentang BOS Reguler dan Permendikbud no 24 tahun 2020 tentang BOS Afirmasi dan Kinerja. 


Dalam pasal 1 Permendikbud no 8 disebutkan bahwa Bantuan Operasional Sekolah Reguler yang selanjutnya disingkat BOS Reguler adalah    Program Pemerintah Pusat untuk penyediaan pendanaan biaya operasional bagi sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus non fisik.

Dalam pasal 2 Permendikbud nomor 8 disebutkan Dana BOS Reguler bertujuan untuk membantu biaya operasional sekolah dan meningkatkan aksesibilitas dan mutu pembelajaran bagi peserta didik.

Dalam pasal 9 Permendikbud nomor 8 juga dijelaskan Komponen Penggunaan Dana BOS Reguler. Dijelaskan, Dana BOS Reguler yang diterima sekolah digunakan untuk membiayai operasional penyelenggaraan pendidikan di sekolah. 

Operasional penyelenggaraan pendidikan di sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan untuk membiayai :

1. Penerimaan Peserta Didik Baru
2. Pengembangan Perpustakaan
3. Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakurikuler
4. Kegiatan asesmen/evaluasi pembelajaran
5. Administrasi Kegiatan Sekolah
6. Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan
7. Langganan Daya dan Jasa
8. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah
9. Penyediaan Alat Multi Media Pembelajaran
10. Penyelenggaraan bursa kerja khusus, praktek kerja industri, atau praktek kerja lapangan di dalam negeri.
11. Penyelenggaraan kegiatan uji kompetensi keahlian, sertifikasi kompetensi keahlian, dan uji kompetensi kemampuan Bahasa Inggris berstandar internasional dan bahasa asing lainnya bagi kelas akhir SMK atau SMALB
12. Pembayaran honor.

Selanjutnya, dalam Pasal 1 Permendikbud nomor 24 diterangkan bahwa Dana BOS Afirmasi adalah program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah di daerah khusus yang diterapkan oleh kementerian. Sedangkan Dana BOS Kinerja adalah program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan. 

"Dana BOS Afirmasi bertujuan untuk membantu kegiatan operasional sekolah dan mendukung kegiatan pembelajaran yang belum tercukupi oleh dana BOS Reguler di Daerah Khusus yang ditetapkan oleh kementerian. Sedangkan Dana BOS Kinerja bertujuan untuk membantu kegiatan operasional sekolah dan mendukung kegiatan pembelajaran yang belum tercukupi oleh Dana BOS Reguler  sebagai bentuk penghargaan atas kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan di daerah Khusus yang ditetapkan oleh kementerian,"jelas Pasal 2 Permendikbud nomor 24 Tahun 2020.

 

Permendikbud no 8 tentang BOS Reguler dan Permendikbud no 24 tentang BOS Afirmasi dan Kinerja bisa diunduh di kolom Pengumuman

Berita Lain