Detail Berita

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 1 Jabung dengan Tema "Mengenal Lingkungan Demokrasi"

Dalam kurikulum merdeka, pemerintah tidak hanya berfokus kepada penguasaan kompetensi siswa saja, tetapi juga sangat memperhatikan sikap-sikap yang juga harus sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah menghadirkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Melalui kegiatan P5 tersebut, diharapkan karakter-karakter Profil Pelajar Pancasila terwujud dalam diri siswa.

Dikutip dari laman kemendikbudristek, Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Sejumlah karakter Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi yakni, Beriman dan Bertakwa serta Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Berkhebinekaan Global, Bergotong Royong, serta Kreatif.

Terdapat 4 tema yang dapat di implementasikan di Jenjang PAUD. Tema-tema yang bisa dipilih oleh satuan PAUD adalah Aku Sayang Bumi, Aku Cinta Indonesia "Kearifan Lokal", Kita Semua Bersaudara "Bhinneka Tunggal Ika" serta Imajinasi dan Kreativitasku "Rekayasa dan Teknologi"

Serta Tema-tema yang bisa dipilih oleh jenjang SD/SMP/dan SMK adalah Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Rekayasa dan Teknologi serta Kewirausahaan.

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila di SMPN 1 Jabung mengambil tema "Mengenal Lingkungan Demokrasi.  Selama 1 minggu siswa diajak belajar dasar-dasar berorganisasi, publik speaking, desain canva, surat, kampanye digital, vloging dan terakhir ditutup dengan simulasi pemilihan ketua osis. Tidak hanya  untuk mengenal dan menerapkan demokrasi dalam organisasi sekolah, dalam kegiatan ini siswa diharapkan memunculkan keberanian dan potensi diri untuk tampil di hadapan umum.

Berita Lain