Detail Berita

Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Kabupaten Malang Tahun 2022

Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) adalah sebuah dokumen dalam rangka penanggulangan bencana yang disusun oleh seluruh pemangku kepentingan. Dokumen ini disusun dalam rangka mengurangi resiko akibat dampak bencana.

Keterlibatan seluruh pemangku kepentingan menjadi sangat penting, karena merekalah yang sangat faham kondisi daerahnya dalam perspektif yang beragam, yang diharapkan akan semakin memperkaya data dan fakta.

Ketersediaan data dan fakta tentu akan menjadikan dokumen ini semakin komprehensif, mencakup semua tahapan tindakan di masa Pra-Bencana, Tanggap Darurat, dan Pasca Bencana.

Kamis s.d Jumat (29-30/22), Staf Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menghadiri Rapat Pembahasan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Kabupaten Malang yang diaksanakan di EL-Hotel Karangploso Kab. Malang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang (BPBD).

Dokumen RPB sebagai bagian integral dari Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah menjadi wadah masukan isu strategis. Sehingga pemaduan RPB dengan RPJMD dapat dilakukan baik saat dalam proses penyusunan (Ex-ante) maupun setelah RPJMD disusun (Post-ante). Secara waktu dokumen ini berlaku untuk masa 5 tahun, dan setelahnya bisa dilakukan review untuk menyesuaikan dengan tingkat ancaman yang ada.

Berita Lain