Detail Berita

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 2 Pagak

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang terdiri dari enam dimensi yakni beriman, berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, serta mandiri.

Dengan mengambil tema kearifan lokal, SMP Negeri 2 Pagak mengajak siswa memanfaatkan potensi yang ada di Kec. Pagak yakni tiwul - nasi terbuat dari singkong- . Pertama, siswa mengamati proses pembuatan tiwul yang diperagakan oleh guru. Selanjutnya guru dan siswa akan berkunjung ke industri tiwul. Setelah itu siswa secara berkelompok merancang menu yang bervariasi dari bahan tiwul.

Melalui kegiatan ini siswa diharapkan memiliki nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila, terutama nilai karakter kemandirian, kekreatifan, dan gotong royong.

Berita Lain