Detail Berita

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Wajak

Dalam kurikulum merdeka, terdapat banyak aktifitas di sekolah yang ditujukan untuk membentuk sikap pelajar pancasila, tidak hanya pembelajaran di waktu jam pelajaran (intrakurikuer) tetapi juga pembelajaran minat bakat di luar jam pelajaran (ekstrakurikuler) dan Pembelajaran penunjang (kokurikuler). Pembelajaran Kokurikuler inilah yang disebut dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Untuk jenjang SD dan SMP terdapat tujuh tema yang telah ditentukan oleh Kemdikbudristek, yakni bangunlah jiwa dan raganya, berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, bhineka tunggal ika, gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, kewirausahaan, serta suara demokrasi. Dalam setahun, sekolah akan melaksanakan 2-3 tema yang akan dilaksanakan semua siswa secara project.

Mengambil tema Kewirausahaan, SMP Negeri 1 Wajak melaksanakan P5 dengan pembuatan kompos. Siswa diajari untuk memproduksi kompos melalui metode takakura kemudian memasarkannya dengan desain logo yang menarik. Diharapkan, bekal pengetahuan pembuatan kompos ini bisa memberikan opsi bagi siswa untuk memulai wirausaha.

Berita Lain