Detail Berita

Eksperimen Perubahan Wujud Benda di SD Negeri 1 Wonokerso Pakisaji

Perubahan Wujud Benda adalah sebuah peristiwa berubahnya bentuk benda menjadi bentuk lain. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu perubahan fisika , perubahan kimia, serta perubahan biologi.

iniTerdapat enam macam perubahan wujud benda , yakni mencair, membeku, menguap, mengembun, serta menyublim. Agar lebih memahami perubahan wujud benda, SD Negeri 1 Wonokerso Pakisaji mengajak siswa melakukan eksperimen pembuatan agar-agar.

Pada percobaan ini, siswa ditunjukkan pembuatan agar-agar mengalami tiga perubahan wujud yakni mencair, menguap, dan membeku. Agar-agar yang berbentuk serbuk (benda padat) kemudian dicampur dengan air dan berubah menjadi wujud cair. Ini disebut mencair. Setelah itu, ketika agar-agar terjadi kenaikan suhu, wujud cairnya akan menguap dan membentuk gas. Ini disebut Menguap. Setelah itu, api dipadamkan dan agar-agar terjadi penurunan suhu, akan berubah jadi beku. Ini disebut membeku. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan bisa lebih memahami macam-macam perubahan wujud benda serta memahami pentingnya kerjasama di Lingkungan Sekolah.

Berita Lain