Detail Berita

Bimtek Peningkatan Kualitas Data Dapodik Jenjang PAUD &Dikmas, SD dan SMP

Data Dapodik berkualitas ditentukan oleh tiga hal, yakni akurat, mutakhir, dan berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan oleh narasumber Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek RI Yas Ahmad Andriansyah saat mengisi Bimtek Pengelolaan Kualitas Data Dapodik Jenjang PAUD Dikmas, SD dan SMP yang diadakan di Grand Kanjuruhan Hotel Senin s.d Selasa (29-30/08).

"Akurat maksudnya adalah data yang diisi sekolah adalah data yang benar, wajar, sesuai kondisi riil dan dapat dipertanggungjawabkan. Mutakhir artinya data yang diisi oleh sekolah harus paling baru (mutakhir) sesuai kondisi riil sekolah. Berkelanjutan artinya data yang diisi sekolah memiliki sifat berkelanjutan dan diperbarui rutin setiap semester,"ujarnya di hadapan operator PAUD Dikmas, SD, dan SMP.

Yas mengingatkan Terdapat 3 data yang menjadi bagian penting dalam proses pembangunan pendidikan dan harus selalu valid, yaitu: NUPTK, NISN dan NPSN. "Ketiga data sangat berkaitan erat dengan kualitas program pembangunan guru dan tenaga kependidikan, peserta didik dan sarana prasarana yang tentu ada hubunganya juga dengan anggaran pendidikan,"jelasnya.

Berita Lain