Detail Berita

Cair Pekan Ini, Dinas Pendidikan Tegaskan Bantuan DAK 2019 Sesuai Juknis Penggunaan

 

 

HUMAS – Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan 2019 Kabupaten Malang segera direalisasikan. Dinas Pendidikan meminta bantuan DAK ini dimanfaatkan sesuai ketentuan peruntukannya.

Realisasi bantuan DAK ini dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam Sosialisasi dan Bimbingan Teknis DAK 2019 di aula Panji, Jum’at (23/8/2019). Setidaknya, 83 kepala SMP negeri dan swasta mengikuti sosialisasi yang juga dihadiri pihak Kejaksaan Negeri ini.

“Kami meminta mereka (sekolah penerima bantuan DAK 2019) untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan programnya (sesuai usulan DAK). Jadi, memang harus sesuai peruntukannya,” kata Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Puji Hariwati, usai bimtek.


Sumber dari Perencanaan dan Evaluasi Program Dindik Kabupaten Malang menyebutkan, SD/SMP menerima program DAK 2019 sebesar setidaknya Rp 58 miliar lebih. Rincian pagunya, sekitar Rp 33 miliar untuk SD dan Rp 25 miliar untuk SMP.


Kasi Sarpras Pendidikan SMP Dindik Kabupaten Malang Moh. Tohir menambahkan, bantuan DAK diterima berdasarkan usulan sekolah sesuai dapodik-nya. Usulan ini lalu diteruskan Dinas Pendidikan dalam aplikasi Krisna, dan disahkan pihak Inspektorat Daerah, BKAD, dan Bappeda Kabupaten Malang.

“Jadi, tidak ada titipan (calon penerima). Semua berdasarkan kondisi riil di sekolah sesuai dapodiknya,” jelas Tohir.

Setelah usulan diterima dan dilakukan sinkronisasi oleh Kemendikbud, lanjutnya, lalu diterbitkan URK (Uraian Rencana Kegiatan) yang selanjutnya akan dijadikan acuan Dinas Pendidikan untuk dibuatkan SK Kepala Dinas Pendidikan. Melalui SK tersebut, akan diterbitkan SK bupati Malang. 

Tohir mengungkapkan, bantuan DAK untuk sekolah negeri sifatnya belanja langsung sehingga langsung bisa dicairkan. Sementara, untuk sekolah swasta menjadi belanja hibah yang masih membutuhkah proses pemberkasan dokumen penunjang.

“Dana DAK langsung ditransfer ke rekening sekolah oleh Dinas Pendidikan. yang sekolah negeri sudah kita transfer beberapa waktu lalu. Yang sekolah swasta, Senin atau Selasa depan (pekan ini) segera diproses BKAD juga ke rekening sekolah,” demikian M Tohir. [amn]

Berita Lain