Detail Berita

Bantu Percepat Akreditasi Satuan Pendidikan, BP PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Timur Gelar Supervisi

 

HUMAS - Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Jawa Timur (BP PAUD dan Dikmas) mengadakan Supervisi untuk satuan PAUD dan Dikmas di Aula Panji Selasa (23/07). Kegiatan ini  merupakan tindak lanjut dari pemetaan awal yang sebelumnya sudah dilaksanakan BP PAUD Dikmas.

Kepala Seksi Pengembangan Sumber  daya BP PAUD Dikmas Provinsi Jawa Timur, Bambang Windoko,  M.Pd mengungkapkan BP PAUD dikmas Jawa Timur dan Satuan Pendidikan PAUD dan Dikmas adalah duduk berdampingan bukan berhadapan. Artinya, BP PAUD dan Dikmas siap mendampingi dan membantu satuan pendidikan untuk menuju batas siap akreditasi.

"Kita adalah satu barisan. Yang akan berhadapan dengan bapak/ibu nanti adalah BAN-PAUD Provinsi yang nanti akan diwakili oleh asessornya, "ujarnya di hadapan 90 kepala satuan PAUD dan Dikmas se Kabupaten Malang.

Maka dari itu,  dia mengatakan,  jika ada kekurangan atau kelemahan di lembaga yang menghambat proses akreditasi, untuk tidak ditutupi. 

"Justru bapak/ibu harus jujur ke kami dengan memberikan kekurangan dan meminta penyelesaian. Jangan ditutupi,"tambahnya.

Dijelaskannya,  standar minimal satuan pendidikan PAUD dan Dikmas adalah memiliki predikat akreditasi A. 

"Jika akreditasi C,  dua tahun lagi harus akreditasi. Kalau B juga harus diakreditasi lagi. Jika akreditasi A,  lima tahun lagi akan ditinjau lagi,"ungkapnya.

Sementara itu,  Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Drs. Ahmad Wahid Arif, MM, menambahkan supervisi dan pemetaan mutu yang telah dilakukan oleh BP PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Timur tentunya memberikan tanda bahwa PAUD dan Dikmas kedepan selalu mendapatkan prioritas dari pemerintah secara bertahap.

"Pemetaan mutu adalah pengisian EDS (Evaluasi diri sekolah) yang meliputi delapan standard menuju ke akreditasi. Pemetaan mutu ini ditindaklanjuti dengan supervisi yang isinya pembinaan tentang lembaga baik PAUD, PKBM dan LKP yang belum mengisi EDS secara sempurna, sehingga ditolak akreditasinya oleh BAN-PAUD Dikmas,"ujarnya.

Delapan standard mutu yang dimaksud,lanjutnya, adalah Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan. (sus).

Berita Lain